·
Strategi proses (process strategy) atau
strategis transformasi adalah sebuah pendekatan organisasi untuk mengubah
sumber daya menjadi barang dan jasa, dan bagaimana produk itu diproduksi.
·
Tujuan strategi proses adalah menemukan
suatu cara memproduksi barang dan jasa yang memenuhi persyaratan dari pelanggan
dan spesifikasi produk yang ada dalam batasan biaya dan batasan manajerial
lainnya. Proses yang dipilih akan berdampak jangka panjang terhadap efisiensi
dan produksi, serta fleksibilitas, biaya, dan kualitas barang yang diproduksi.
·
Ada 4 strategi proses:
1.
Fokus Pada Proses (Process Focus).
Menghasilkan
produksi yang bervolume rendah tetapi bervariasi tinggi pada “job shop”
Contoh: - Restoran berupa bar, panggangan , dan pembuat roti.
Contoh: - Restoran berupa bar, panggangan , dan pembuat roti.
-
Pabrik mungkin departemen yang menangani pengelasan, penghalusan, pengecatan.
2.
Fokus Berulang (Repetitive Focus)
Berorientasi
pada produk yg menggunakan modul (komponen produk yg telah disiapkan
sebelumnya). Perusahaan memperoleh keunggulan yg ekonomis dari model yg
kontinyu dan keunggulan umum model, yaitu volume rendah dengan banyak variasi.
Contoh: - Perusahaan makanan cepat saji- modul roti burger : daging, keju, mayonase, tomat, bawang.
Contoh: - Perusahaan makanan cepat saji- modul roti burger : daging, keju, mayonase, tomat, bawang.
3.
Fokus Produk (Product Focus)
Fasilitas
diatur disekitar produk dan lintasan produk sangat panjang dan kontinyu. Fasilitas
yg terfokus pada produk menghasilkan produk dengan volume tinggi dan variasi
rendah. Fasilitas biasanya membutuhkan biaya tetap yg tinggi tetapi biaya
variabel rendah.
Contoh: - Produk kaca, kertas, lembaran timah, bola lampu
Contoh: - Produk kaca, kertas, lembaran timah, bola lampu
4.
Fokus Mass Customization.
Pembuatan produk yg dapat memenuhi keinginan pelanggan yg unik, cepat dan murah. Variasi produk bervolume rendah dan biaya manufaktur bervolume tinggi serta terstandardisasi. Manajer operasi menggunakan sumberdaya yg imajinatif & agresif utk membentuk proses yg gesit, dengan memproduksi produk yg cepat & murah.
Contoh : - Toyota mengumumkan penyerahan mobil yg dipesan khusus dalam waktu 5 hari
Pembuatan produk yg dapat memenuhi keinginan pelanggan yg unik, cepat dan murah. Variasi produk bervolume rendah dan biaya manufaktur bervolume tinggi serta terstandardisasi. Manajer operasi menggunakan sumberdaya yg imajinatif & agresif utk membentuk proses yg gesit, dengan memproduksi produk yg cepat & murah.
Contoh : - Toyota mengumumkan penyerahan mobil yg dipesan khusus dalam waktu 5 hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar