Pemindaian Lingkungan (Environmental Scanning)
Environmental scanning adalah kegiatan memonitor, mengevaluasi,
dan menyebarkan informasi kepada key people di perusahaan,yang digunakan untuk
menghindari hal-hal tidak terduga dan
untuk kesehatan jangka panjang perusahaan.
Dalam pemindaian lingkungan, kita juga harus mengidentifikasi variable
lingkungan eksternal, yang pertama harus dilakukan adalah memperhatikan:
a. Kekuatan
ekonomi, kekuatan dalam mengatur perubahan bahan dasar, uang, dan
informasi
b. Kekuatan teknologi, kekuatan dalam menghasilkan penemuan pemecahan masalah
c. Political-legal force, memberikan kekuatan danmenyediakan
perlindungan hukum
d. Sociocultural
force, kekuatan mengatur nilai, adat-istiadat dan perkumpulan masyarakat.
Evolusi
Industri
a. Fragmented Industry, dimana tidak
ada perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang besar, dan setiap perusahaan hanya melayani sebagian kecildari
total pasar dalam persaingan dengan orang lain (misalnya, Cleaning Service).
b. Consolidated
Industry, didominasi
oleh beberapa perusahaan besar,yang masing-masing perjuangan untuk membedakan
produknya dari para pesaing
Perusahaan mempunyai kategori
berdasarkan orientasi strategi dan
kombinasi struktur,kultur, dan proses yang konsisten untuk dilakukan, terdapat
4 tipe strategi:
1. Defenders, perusahaan dengan lini
produk terbatas yang berfokus pada
peningkatan efisiensi operasi yang sudah ada.
2. Prospectors. perusahaan dengan lini produk yang cukup luas yang berfokus pada
inovasi produk dan peluang pasar.
3. Analyzers, perusahaan yang
beroperasi setidaknya di dua pasar-produk
yang berbeda daerah satu stabil dan satu variabel.
4. Reactors, perusahaan yang tidak
memiliki hubungan strategi-struktur-budaya
yang konsisten
Tidak ada komentar:
Posting Komentar